Apakah Google Penguin sudah akurat menghasilkan hasil yang berkualitas

Apakah Google Penguin Sudah  Akurat Menghasilkan Hasil Yang Berkualitas? ini mungkin patut kita uji kebenarannya karna dalam beberapa bulan ini banyak yang jadi korban "keganasan" pinguin. Lepas dari keganasan pinguin atau memang nasib baik belum menyertai perjalanan blog ini yang gemar mengikuti Kontes SEO yang diawal perjalanannya selalu ada di page one google tapi 3 minggu ini sungguh diluar dugaan alias terlempar ke posisi ratusan (nasib...) bahkan posisi di id.yahoo.com pelan-pelan mulai meninggalkan daku (nasib lagi..).

Mengutip tulisan dari  dalam postingan yang berjudul "Google Update: Habis Panda datanglah Penguin" atu klik disini bahwa hasil yang diberikan oleh penguin masih belum sempurna, inilah bukti yang dia dapatkan :

Contoh Kasus 1:
http://konsultanseoindonesia.com
Pencarian ‘tiket pesawat murah’ merupakan hot market, karena bisnis ini banyak dilakukan dari level korporasi hingga perorangan, anda bisa melihat ‘pertarungan’ kata kunci ini melalui tips seo disini
Situs yang sedang  konsultanseo maintain ezytravel.co.id untuk kata kunci ‘tiket pesawat murah’ kali ini kalah secara rangking dari situs dengan alamat di http://tiket.pesawat.co.id
Kalah secara rangking tidak membuat  konsultanseo menggerutu, namun yang menarik adalah bila anda mengunjungi situs ini:
http://konsultanseoindonesia.com
Dan ternyata.... situs dengan ‘halo dunia’ mengalahkan banyak situs di kata kunci yang kompetitif ! Gila bukan?
Sebagai bukti yang kedua, masih menurut konsultanseo bahwa setelah Algo penguin dilakukan, hal yang menarik terjadi. Situs ini dikalahkan secara rangking oleh situs http://dukunseo.com
http://konsultanseoindonesia.com
Apakah ini menggunakan perdukunan dengan ajian tingkat tinggi begitu ungkap kekesalannya , namun yang menarik saat dianalisa situs ini:
Wah hanya lorem ipsum..lorem ipsum..lorem ipsum….hmmm, apa yang terjadi dengan keyword density, header tags ?  bisa ditarik kesimpulan bahwa saat ini di ‘mata’ algo penguin situs ini lebih baik dari nya. Aneh sekali !!!!!
Tiada kata lain selain kita harus bersahabat dengan si pinguin walau bila ditilik dari kasus diatas pinguin sedikit ngawur...(heheeheh just kidding mbah google...!) mungkin perlu sedikit waktu untuk berjalan direlnya dan memerlukan feedback dari para blogger dan para pekerja SEO.Karna pertanggal 26 April 2012, dalam akun twitternya, Matt Cutts berkicau:
“If you know a site affected by algo update that you don’t think should be affected, we made a form to provide feedback: http://goo.gl/nt3Pz

Dalam perbindangan di google webmaster forum, Engineer google akhirnya membocorkan bagaimana cara agar situs anda bersahabat dengan penguin:
  1. Hindari teks dan link tersembunyi
  2. Jangan menggunakan redirect tersembunyi
  3. Jangan menggunakan pencarian otomatis ke google
  4. Jangan tampilkan halaman dengan kata kunci yang tidak relevan
  5. Jangan membuat banyak halaman, sub domain, dan domain dengan konten yang di duplikasi
  6. Jangan membuat halaman dengan script yang membahayakan (phising, Trojan, badware)
  7. Hindari penggunaan halaman yang di khususkan untuk bot google atau menaruh cookie untuk program affiliasi dengan konten yang buruk
  8. Jika anda mengikuti program afiliasi, pastikan situs anda memberikan nilai lebih dengan isi yang unik dan relevan.

Selain 8 poin yang ditekankan diatas, masih ada 4 poin mendasar yang diberikan google:
  1. Buatlah halaman untuk pengunjung, jangan untuk mesin pencari.
  2. Jangan gunakan trik untuk menaikkan rangking situs
  3. Jangan berpartisipasi pada skema link yang didesain untuk menaikkan rangking atau PageRank. Jauhi halaman yang jelas digunakan untuk spam.
  4. Jangan gunakan program komputer untuk check rangking dan membuat halaman di web. Program  tersebut membuang resource google dan melanggar TOS (Term of Service / Ketentuan layanan google)...point ini yang susah dilakukan oleh para pecinta kontes SEO.

Masih banyak poin yang Google inginkan dan semuanya tercantum disini (http://support.google.com/webmasters/bin/answer.py?hl=en&answer=35769)
Mungkin rangkuman tulisan dari konsultanseoindonesia diatas bermanfaat bagi anda dan saya tentunya yang lagi "galau" menghadapi fenomena Pinguin.
Salam

Asriyatno
______________________________________________________________
dirangkum dari konsultanseoindonesia