Inilah 10 Cedera Terparah Dalam Sepak Bola


Menjadi pesepak bola profesional di Eropa adalah profesi yang menggiurkan. Selain memiliki harta yang berlimpah, dunia glamor dan wanita cantik akan mewarnai kehidupan para pemain.

Tapi dibalik semua kesenangan itu ternyata ada resiko yang sangat menakutkan, yaitu cedera parah yang bisa mengakibatkan cacat bahkan kematian. Berikut daftar pemain yang pernah mengalami cedera yang terparah dalam dunia sepak bola yaitu mereka yang mengalami cedera sangat parah akibat tekling-tekling keras.

Beberapa gambar dalam artikel ini bisa memberikan rasa tidak nyaman pada diri Anda. (debol/bola)

1. Eduardo Da Silva


Mimpi buruk itu datang pada Februari 2008. Kala bermain untuk Arsenal,Eduardo Da Silva menerima tackle brutal dari bek Birmingham City,Martin Taylor.
Akibatnya tulang fibula kiri Da Silva patah dan dislokasi pada pergelangan kaki kirinya. Hampir setahun kemudian, ia kembali ke tim pertama Arsenal, tentunya setelah dia pulih total.

2. David Busst

Bek CoventryDavid Busst bertabrakan dengan bek Manchester UnitedDenis Irwin dalam sebuah laga di Old Trafford pada April 1996.
Akibatnya kaki Busst patah begitu parahnya sampai tulangnya keluar menembus kulit dan darahnya harus dibersihkan dari lapangan. Dia mengalami patah tulang senyawa pada tibia dan fibulanya.

Sejak saat itu dia tidak pernah bisa bermain secara profesional lagi. Kiper United, Peter Schmeichel, yang menyaksikan kecelakaan itu memerlukan konseling sesudahnya.

3. Kieron Dyer

Kieron Dyer, salah satu cedera yang paling sial yang terjadi pada pemain sepak bola modern, dia menderita patah kaki kanan akibat tekel Joe Jacobson, saat menghadapi Bristol Rovers, 29 Agustus 2007,10 hari setelah debutnya di West Ham
Dyer tidak dapat bermain (lagi) selama 17 bulan dan selama 3 musim di West Ham ia hanya bisa bermain 22 kali pertandingan di Liga Premier Inggris.

4. Francesco Totti


Gaya permainan Totti yang sering menjatuhkan diri untuk mencari pelanggaran memberinya julukan pemain cengeng. Namun Totti sepertinya memiliki alasan kuat dalam melakukan trik tersebut.
Pada tanggal 19 Februari 2006, saat berlaga melawan Empoli FC,Francesco Totti mengalami cedera kaki serius, tulang betis kirinya patah dan memutuskan hubungan antara ligamen dengan maleolus.
Di hari itu juga, ia langsung dioperasi oleh seorang ahli bedah ortopedi terkenal Italia. Mungkin saja karena cedera ini Totti menjadi sangat berhati-hati dalam menghadapi tekel-tekel keras lawan.


5. Jacob Olesen

Striker DenmarkJacob Olesen menderita dislokasi parah pada pergelangan kaki kirinya dalam pertandingan Oktober 2006.
Akibatnya, ia harus absen selama 6 bulan.

6. Edwald Lienen

Cedera mengerikan ini terjadi pada kaki kanan gelandang Jerman,Ewald Lienen yang disebabkan oleh tekel bek Werder Bremen. Kejadian ini terjadi di tahun 1981.
Daging pada paha kaki Lienen sampai robek hingga tulang pahanya terlihat keluar.


7. Henrik Larsson

Striker asal Swedia, Henrik Larsson harus absen selama 8 bulan setelah patah kaki pada tahun 1999. Cedera parah ini sempat mengancam karirnya, tapi ia kembali bermain di Euro 2000, setelah mengalami mujizat yang memulihkan kakinya.

8. Luciano Almeida
Pemain sepak bola BrasilLuciano Almeida mengalami cedera parah saat pertandingan antara Botafogo dan Flamengo di tahun 2007.
Dia harus absen selama 5 bulan penuh agar bisa sembuh total.

9. Inigo Diaz de Cerio
Pada tahun 2008 pemain sepak bola SpanyolInigo Diaz de Ceriomenderita cedera serius setelah bertabrakan dengan kiper SD Eibar,Zigor, mematahkan tibia kaki kanan dan fibulanya.
Setelah sukses menjalani operasi, ia mengalami pemulihan yang lambat tapi efektif, ia kembali bermain sepak bola setelah setahun meninggalkan lapangan hijau.

10. Luc Nilis
Hanya 4 menit pertandingan di liga utama berjalan, striker BelgiaLuc Nilis mengalami patah tulang ganda pada lututnya ketika bertabrakan dengan kiper Ipswich TownRichard Wright pada September 2000.
Karena cederanya sangat parah, ia harus pensiun dari sepak bola.



Bola.net