Manfaat Magang Walau Tidak Dibayar

Dok. Thinkstock
Haruskah bekerja tanpa bayaran? Bila Anda mahasiswa yang sudah lulus atau masih mengenyam pendidikan kuliah, magang bisa menjadi langkah awal membentuk karier yang cemerlang. Jangan pernah takut mencoba program magang meskipun tidak mendapat bayaran tunai karena sangat banyak manfaatnya. Untuk itu, simaklah enam keuntungan magang di sebuah perusahaan seperti yang dirangkum dari She Knows.

1. Menambah Pengalaman Bekerja
Kini, cukup sulit mencari kerja bila Anda tidak ada pengalaman sama sekali. Magang bisa menjadi peluang membuka karier. Jangan lihat seberapa besar uang yang akan diperoleh, tapi bagaimana pengalaman yang membuat skill semakin bertambah. Anda bisa lebih mudah menapaki karier jika memiliki banyak pengalaman kerja.

2. Belajar Beradaptasi di Lingkungan Kerja
Dengan menjalani program magang, Anda bisa belajar beradaptasi dalam lingkungan kerja. Baik itu bekerja sama dengan tim hingga membuat solusi saat ada masalah. Hal ini akan memudahkan Anda ketika memulai kerja yang sesungguhnya.

3. Memperoleh Banyak Koneksi
Magang memudahkan Anda menjalin hubungan dengan berbagai orang penting. Meskipun tidak menghasilkan uang tunai, magang bisa menjadi investasi masa depan Anda. Selain itu, Anda memiliki banyak koneksi dalam membangun karier ke depannya.

4. Mendapat Informasi yang Berkualitas
Tidak hanya pengalaman, Anda juga pasti mendapatkan banyak informasi dari magang. Anda bisa mengetahui apakah pekerjaan yang dilakukan memang Anda sukai atau tidak. Kalau tidak, Anda bisa mencari serta menggali lebih banyak informasi dari orang-orang yang sudah berpengalaman saat magang.

5. Punya Mentor
Kesempatan bekerja langsung di perusahaan dengan mencoba program magang akan mempertemukan Anda dengan orang-orang yang sudah profesional. Anda bisa belajar dari pengalaman mereka serta memiliki mentor yang akan membantu Anda dalam berkarier.

6. Pelajaran Berharga
Bukan hanya pengalaman baru, magang juga memnberikan pelajaran berharga dalam hidup Anda. Agar magang bermanfaat bagi diri sendiri, hindari memilih perusahaan yang hanya mempekerjakan Anda sebagai pembuat kopi atau tugas 'kasar' lainnya. Mungkin beberapa perusahaan tidak memberikan bayaran, tapi setidaknya Anda mendapat pekerjaan yang berguna bagi diri sendiri serta masa depan.





Wolipop

Blogger pemula asal Ketapang, Ulujami,Pemalang,Jateng ini saat ini bekerja sebagai freelance dan mengisi artikel di beberapa web lain dan masih suka nyanyi-nyanyi dangdut meski hanya dikamar sendiri karna suaranya seram :) 



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komentar tidak nyambung (SPAM) akan Saya DELETE
Komentar dengan Keyword Saya tidak jamin akan Tayang
Komentar dengan Link Hidup Tidak bakal Saya Approve!!!

.